Dinsdag 25 Junie 2013

EFEK MAKAN TIDAK TERATUR

Efek dari Kebiasaan Makan yang Tidak Teratur

Saturday, April 14th 2012. | Tips Kesehatan
Efek dari Kebiasaan Makan yang Tidak TeraturMengkonsumsi makanan dan juga minuman adalah suatu keharusan bagi seluruh makhluk hidup untuk dapat bertahan hidup, termasuk juga untuk manusia. Mengkonsumsi makanan dan juga minuman berguna untuk menambah energy bagi tubuh kita untuk melakukan aktifitasnya. Biasanya kebanyakan masyarakat membagi waktu makan mereka menjadi 3 bagian, yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam. Dengan meningkatnya kesibukan masyarakat baik itu kesibukan di rumah maupun di luar rumah, masyarakat akan cenderung lupa atau malas untuk mengkonsumsi makanan dan minuman pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Kecenderungan pola makan yang tidak teratur dari masyarakat ini untuk waktu yang lama akan menimbulkan efek buruk terhadap tubuh mereka.
Efek buruk dari pola makan yang tidak teratur akan sangat jelas terlihat pada perubahan fisik tubuh kita. Biasanya bentuk tubuh manusia yang berpola makan tidak teratur akan nampak lebih kurus, namun dalam beberapa kasus apabila manusia mengkonsumsi makanan lebih banyak diatas pola makannya maka tubuh mereka akan terlihat lebih gemuk. Tentu saja akan ada efek dari kedua perubahan bentuk badan ini, apabila anda secara terus menerus melakukan pola makan yang tidak teratur maka perubahan bentuk tubuh anda akan semakin ekstrim. Apabila anda menjadi terlalu kurus, maka hal itu akan membatasi anda dalam melakukan aktifitas-aktifitas yang memerlukan tenaga lebih, apabila anda menjad terlalu gemuk, akan lebih banyak penyakit yang akan menimpa anda seperti obesitas dan akan rentan mendapat penyakit yang menyerang organ dalam seperti jantung.
Penyakit yang biasanya akan muncul secara langsung akibat pola makan yang tidak teratur adalah penyakit yang berhubungan dengan lambung kita seperti penyakit maag. Pola makan yang teratur berguna untuk membiasakan lambung kita untuk bekerja sesuai dengan waktunya. Jika kita telah mengatur pola makan kita sebanyak tiga kali dalam sehari di pagi, siang, dan malam hari, maka lambung kita akan terbiasa untuk bekerja pada waktu-waktu tersebut. Apabila kita makan secara tidak teratur, maka lambung yang biasa bekerja pada waktu-waktu tersebut akan tetep bekerja sedangkan tidak ada makanan yang masuk, maka lambung akan tetap bekerja dan merusak bagian lambug itu sndiri. Oleh sebab itu membiasakan makan secara teratur adalah suatu keharusan untuk menjaga kesehatan tubuh dan lambung kita.

Dampak negatif tidak makan teratur


dalam memilih makanan harus hati - hati tanpa disadari ternyata makanan bisa menyebabkan tubuh menjadi sakit, pola makan yang tidak teratur juga bisa menimbulkan dampak negatif. Banyak orang berpikir, makan lebih sedikit berarti mempercepat penurunan berat badan. Mereka tidak tahu, ketika tidak makan, tubuh berpikir kita sedang kelaparan dan karenanya memperlambat proses metabolisme. Kita pun cenderung makan banyak sesudah melewati waktu makan. Karena itu, jangan lewatkan waktu makan. Cara yang sehat adalah makan sering tetapi dalam porsi kecil agar gula darah terus seimbang. Gula menyebabkan diabetes Jika Anda penderita diabetes, Anda perlu memperhatikan asupan gula dan karbohidrat untuk menjaga kadar gula darah. Bila bukan diabetesi, asupan gula tak menyebabkan diabetes. Yang benar, makanan tinggi kalori, termasuk banyak minum dan makan manis, kegemukan, dan tak pernah olahraga adalah faktor risiko utama penyebab diabetes tipe 2. Semua lemak buruk Kita semua butuh lemak karena lemak membantu penyerapan vitamin A, D, E, K, transmisi saraf, dan menjaga integritas membran sel. Namun, ketika dikonsumsi berlebihan, lemak menyebabkan peningkatan berat badan, penyakit jantung, dan kanker. Tentu tidak semua lemak buruk. Pilihlah lemak baik yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dalam pola makan sehari-hari. Lemak tak jenuh ini terdapat pada ikan dan kacang-kacangan. Turunkan kolesterol dengan pantang seafood Kuncinya adalah konsumsi dalam jumlah wajar karena seafood memang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol dalam tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh lemak jenuh dan trans fatty acid. Keduanya ini terdapat dalam daging merah dan makanan kemasan olahan. Trans fatty acid terdapat pada snack kemasan, gorengan, atau margarin yang berisi minyak hydrogenated. Hindari karbohidrat agar berat badan cepat turun Pesan utama diet rendah karbohidrat adalah karbohidrat mempercepat produksi insulin yang ujung-ujungnya akan menambah berat badan. Namun, membatasi asupannya secara berlebihan bisa membuat tubuh kekurangan karbohidrat untuk kegiatan harian. Akibatnya, tubuh akan membakar cadangan karbohidrat untuk energi dengan melepaskan air. Itulah sebabnya Anda kehilangan banyak air ketika diet rendah karbohidrat.

Akibat Makan Tidak Teratur 

Akibat makan tidak teratur akan menmbulkan banyak masalah terutama jika anak yang mengalaminya. Nafsu makan seorang anak memang sulit ditebak, ada kalanya ia ingin makan, namun juga terkadang ia mengalami susah makan. jam makan anak juga berbeda dengan kita, kebanyakan anak mengkonsumsi makanan hanya ketika dia lapar.
Akibat makan tidak teratur pada anak tentu saja begitu beragam. Satu hal yang pasti adalah kualitas kesehatan mereka yang menurun. Di bawah ini, ada beberapa akibat makan tidak teratur pada anak yang perlu anda ketahui.
1. Berat badan turun
Anak yang makan tidak teratur tentu saja hanya mengikuti nafsu semata. Jika mereka lapar maka mereka akan makan, namun jika tidak, anak benar-benar tidak ingin mengkonsumsi makanan. Situasi ini menyebabkan anak mengalami penurunan berat badan dan bahkan terlihat begitu kurus.
2. Pertumbuhan yang terhambat
Dengan situasi yang telah dijelaskan di atas, maka anak akan mendapatkan pertumbuhan yang begitu terhambat. Mengapa demikian? Karena nutrisi yang diterima oleh seorang anak begitu sedikit dan pada akhirnya pertumbuhan anak menjadi tidak lancar dan terus tertinggal dari teman-teman sebayanya.
3. Anak gampang sakit
Dengan nutrisi anak yang kurang dan makan yang tidak teratur, maka mereka akan mendapatkan kondisi tubuh yang lemah. Pada akhirnya anak akan gampang sakit dan tentu saja berujung pada buruknya kualitas kesehatan secara keseluruhan.
4. Penyakit mag
Seorang anak yang telah terbiasa makan tidak teratur akan rentan terkena penyakit mag. Tentu saja, anda tidak ingin bukan jika seorang anak dengan umur yang masih begitu muda terkena penyakit mag? Jika seorang anak telah terkena mag, maka ia akan sulit untuk menyesuaikan diri terhadap kesehatannya di masa mendatang.
Itulah beragam akibat makan tidak teratur pada anak yang memberikan kualitas kesehatan begitu buruk. Makan adalah tindakan yang harus diterapkan secara disiplin terutama bagi anak anda. Karena kesehatan seorang anak akan banyak bergantung kepada nutrisi yang ia peroleh.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking